Webinar, Kiat Test, ASN, IKN IKA UB Kaltim Menggelar Webinar Kiat Test ASN di IKN untuk Putra Daerah Kaltim

IKA UB Kaltim Menggelar Webinar Kiat Test ASN di IKN untuk Putra Daerah Kaltim
user Admin

Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) Kaltim menggelar webinar akhir pekan lalu. Diskusi secara daring itu mengangkat tema “Kiat Test ASN di IKN”. Kegiatan itu sebagai bentuk sumbangsih IKA UB Kaltim kepada masyarakat Kaltim untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah.

Lewat webinar itu, peserta akan mendapatkan informasi dan mempersiapkan diri lebih awal dengan mendapatkan penjelasan penyelesaian beberapa tipe soal umum yang biasanya muncul dalam soal tes ASN.

Webinar Kiat Test ASN di IKN itu dilaksanakan selama dua hari secara daring, yakni pada 27 April 2024 membedah soal dan trik sukses lolos CPNS 2024. Diikuti 178 peserta yang dipandu oleh moderator Rulliannor Syah Putra. Sementara pada 28 April 2024 membedah soal dan trik sukses lolos pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2024 diikuti 104 peserta yang dipandu Ahmad Busri.

Kegiatan webinar dibuka Ketua IKA UB Kaltim Myrna Safitri. Dia menyampaikan, webinar itu harus dilihat sebagai sebuah kegiatan untuk memperkaya pengetahuan dari rekan-rekan. Sehingga, saat akan mengikuti seleksi itu sudah lebih siap.

Menurutnya, webinar bukan tiket untuk pasti diterima sebagai ASN. Karena pihaknya bukan pihak yang kompeten untuk melakukan itu. Webinar sebagai upaya untuk memberikan pengabdian kepada Kaltim.
“Tolong jangan berprasangka bahwa setelah mengikuti webinar ini, Anda pasti lolos. Tentunya semua itu akan bergantung pada kemampuan diri Anda sendiri, keseriusan dari Anda sendiri, dan tentu saja dari pertolongan Tuhan,” ungkap Myrna.

Webinar itu sengaja diselenggarakan mengingat ada kebijakan dari pemerintah khususnya dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri Kaltim mengikuti seleksi terutama pada instansi yang akan melakukan penempatan pegawainya di Ibu Kota Nusantara (IKN). “Tentu saja rekan-rekan sekalian mengetahui bahwa Kaltim mendapat penghargaan karena menjadi lokasi yang sedang dibangun IKN,” jelasnya.

Narasumber webinar ini Andi Mufhi Zandi, yang merupakan alumnus Universitas Brawijaya, Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tahun 2016 yang saat ini mengemban amanah sebagai Wakil Dekan III Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Tomakaka. Selama 2 jam bedah soal dan sesi tanya jawab berlangsung dengan penjelasan yang rinci, detail, dan mudah dipahami.

Para peserta sangat antusias mengikut webinar sampai selesai. Saat sesi tanya jawab pun para peserta aktif menanyakan hal-hal terkait di antaranya materi soal, formasi, kriteria peserta calon ASN dan tentunya perbedaan persiapan test untuk PPPK dan CPNS.

Setelah webinar akan dilanjutkan sesi pendalaman materi yang akan diinformasikan lebih lanjut. Tentunya dengan model variasi soal yang lebih banyak dan beragam, tentu penyelesaian yang sangat mudah dipahami peserta.

IKA UB Kaltim

Solid Sinergi Jaya

© 2024 All Rights Reserved.

Ikatan Alumni Universitas Brawijaya.

Pengurus Daerah Kalimantan Timur.